Pengertian dan Sifat-Sifat Sumber Daya Alam

Pengertian dan Sifat-Sifat Sumber Daya Alam

Terdapat banyak definisi tentang sumber daya alam. Salah satu definisi yang dapat menjelaskan pengertian sumber daya alam secara jelas adalah definisi menurut Katili. Menurut Katili (1976), sumber daya alam adalah semua unsur biofisik di lingkungan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia atau semua bahan yang ditemukan manusia di alam serta dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya. Berdasarkan definisi tersebut, maka dapat disederhanakan bahwa sumber daya alam adalah segala sesuatu yang tersedia di alam dan dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia.

 

Sumber daya alam mencakup segala objek di alam yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Objek tersebut misalnya sinar matahari, angin, air, dan keindahan alam. Sumber daya alam juga dapat berupa unsur tata lingkungan biofisik yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, seperti hutan, perairan darat, maupun perairan laut. Selain itu, bahan alam seperti batu bara, minyak bumi, batuan mulia, berbagai jenis logam, dan unsur radioaktif juga termasuk dalam sumber daya alam.

 

Sumber daya alam memiliki sifat-sifat tertentu. Pertama, sumber daya alam dapat menghasilkan produk utama. Maksudnya, setiap jenis sumber daya alam menghasilkan berbagai macam barang yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia, digunakan oleh banyak orang, dan berguna bagi kehidupan. Kedua, sumber daya alam dapat menghasilkan rangkaian dampak, baik yang bersifat menguntungkan maupun yang bersifat merugikan. Dampak yang bersifat menguntungkan misalnya adalah terbukanya kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat sehingga dapat mendukung pembangunan wilayah. Sementara itu, dampak yang bersifat merugikan misalnya adalah kerusakan alam dan pencemaran lingkungan. Ketiga, persebaran sumber daya alam tidak merata dan terdapat jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, terutama mineral dan batuan. Keempat, sebagian besar sumber daya alam tersimpan di dalam tanah atau di hutan. Artinya, sumber daya alam tidak dapat diperoleh dengan mudah. Diperlukan upaya lebih melalui teknik tertentu dan diperlukan biaya yang cukup besar agar sumber daya alam dapat dimanfaatkan. Kelima, ketersediaan sumber daya alam sangat ditentukan oleh nilai ekonomi suatu bahan mineral, teknologi pencarian, dan teknologi pengolahan sumber daya alam.


Baca Artikel Lainnya: